HIDROSEFALUS

A. Pengertian

Hidrosefalus adalah jenis penyakit yang terjadi akibat gangguan aliran cairan didalam otak (cairan serebro spinal).

Gangguan itu menyebabkan cairan tersebut bertambah banyak yang selanjutnya akan menelan jaringan otak disekitarnya.

B. Patogenesa

Gangguan aliran cairan otak berdasarkan riset dari lembaga National Institute of Neurological Disorders and Stroke (KINDS) Amerika Serikat.

  • Gangguan aliran adanya hambatan sirkulasi, contoh tumor otak yang terdapat didalam ventrikel akan menyumbat aliran cairan otak.
  • Aliran cairan otak tidak tersumbat, sebaliknya cairan itu diproduksi berlebihan, akibatnya cairan otak bertambah banyak. Contoh tumor ganas di sel-sel yang memproduksi cairan otak.
  • Bila cairan otak yang mengalir jumlahnya normal dan tidak ada sumbatan, tetapi ada gangguan dalam proses penyerapan cairan ke pembuluh darah balik sehingga otomatis, jumlah cairan akan meningkat pula. Misalnya bila ada cairan nanah atau darah disekitar tempat penyerapan.

Ketidak seimbangan antara produksi dan penyerapan, dapat perlahan atau progresif menyebabkan ventrikel-ventrikel tersebut melebar, kemudian menekan jaringan otak sekitarnya. Tulang tengkorak bayi dibawah 2 tahun yang belum menutup akan memungkinkan kepal bayi membesar.

C. Penyebab Hidrosefalus

Kelainan bawaan atau sejak lahir diakibatkan oleh adanya interaksi berbagai faktor maupun unsur genetik yang cukup kompleks.

Hambatan atau sumbatan pada saluran cairan otak yang berada dalam sistem ventrikel yang merupakan salah satu contoh kelainan bawaan.

D. Tanda / Gejalanya

–          Pada anak-anak dengan ubun-ubun kepala belum menutup, akan tampak pembesaran kepala, kepala dapat besar sejak bayi dalam kandungan, sehingga umumnya akan terjadi penyakit pada waktu persalinan. Lebih seringnya anak lahir dengan ukuran kepala normal, tetapi dalam pertumbuhannya, diketahui bahwa ukuran kepala bertambah cepat dari bayi-bayi normal.

–          Sakit kepala hebat

–          Muntah proyektil

–          Gangguan penglihatan

–          Dahi lebih besar

–          Tulang-tulang kepala menjadi tipis

–          Vena-vena disisi samping kepala tampak melebar

E. Klasifikasi

Ini tergantung pada faktor yang berkaitan dengannya berdasarkan

  • Gambaran klinis

Dikenal hidrosefalus manifes dan hidrosefalus tersembunyi

  • Waktu pembentukan

Dikenal hidrosefalus kongenital dan hidrosefalus akuisita

  • Proses terbentuknya

Dikenal hidrosefalus akut dan kronik

  • Hidrosefalus interna

Menunjukkan adanya dilatasi ventrikel, hidrosefalus eksternal menunjukkan adanya pelebaran